Agustusan, Pemdes Guwa-Guwa Gelar Festival Lomba Perahu Layar

Uncategorized819 Dilihat

SUMENEP, maduranetwork.com – Banyak cara dilakukan warga dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-78 tahun ini. Di Desa Guwa-Guwa, Kecamatan Raas, pemerintah setempat menggelar Festival Lomba Perahu Layar.

Gelaran tersebut juga menjadi upaya Pemerintah Desa Guwa-Guwa dalam merawat kearifan lokal masyarakat setempat. “Itu menjadi salah satu bagian yang kami jual sebagai kearifan lokal yang perlu kami pertahankan sebagai ‘orang pulau’,” ujar Kepala Desa Guwa-Guwa, H Sakrani, Senin (31/7/2023).

Pelaksanaan festival tersebut diikuti 90 peserta dan berlangsung satu hari dengan memperebutkan total hadiah belasan juta rupiah, yang terdiri dari sepeda listrik, sepeda gunung dan sepeda khusus anak-anak. Sementara bagi yang tidak mendapatkan posisi di juara 1, 2 dan 3 mendapatkan hadiah hiburan khusus dari desa.

Digelarnya festival tersebut, tambah Sakrani, masyarakat diharap bisa bahagia dalam berpartisipasi mengisi peringatan kemerdekaan. Festival tersebut menjadi sarana hiburan masyarakat Guwa-Guwa yang mayoritas bermata pencaharian sebagai nelayan. Selain itu, untuk menjaga soliditas dan solidaritas (kekompakan) antarwarga.

Pelbagai katagori dilombakan, seperti adu kecepatan perahu hingga kemampuan menghias perahu. Menariknya, hampir seluruh peserta masih menggunakan jenis perahu tradisional. (sdm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *