Bangkalan Punya Sentra Industri Terpadu

BERITA646 Dilihat

BANGKALAN, maduranetwork.com – Tidak lama lagi, Kabupaten Bangkalan bakal memiliki sentra Industri Kecil Menengah (IKM) yang bisa menjadi lokasi wisata baru bagi masyarakat maupun wisatawan. Bangunan tersebut kini sudah berdiri dan siap digunakan.

Hal itu disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Bangkalan, Chori Setyawati kepada maduranetwork.com. Selasa (6/6).

Dijelaskan, IKM yang terletak di kawasan pintu masuk gerbang Jembatan Suramadu, Kecamatan Labang tersebut merupakan sentra industri kerajinan yang dimiliki Kabupaten Bangkalan.

“Yang utama industri batik, tali agel, dan kerajinan perak,” terang Chori.

Dia menjelaskan, sentra IKM tersebut menjadi tempat memproduksi hingga bahan jadi. Seperti batik misalnya, di IKM ditunjukkan mulai dari proses produksi hingga menjadi bahan jadi.

“Jadi masyarakat dari luar yang ingin membeli batik bisa di IKM tersebut dan ditunjukkan bagaimana proses pembuatannya,” terangnya.

Ditanya apakah IKM juga untuk berjualan selain tiga produk tadi, Chori mengatakan bahwa sentra IKM diperuntukkan untuk proses produk. Selain itu, bahan makanan dan minuman jadi tidak ada. Hanya saja, untuk makanan dan mnuman yang diproduksi di luar IKM , pihaknya tetap memberi ruang karena di IKM juga disediakan pujasera.

“Jadi untuk mamin itu boleh di IKM, namun di pujasera yang kita sediakan,” tutur Chori.

Selain itu, sambungnya, IKM menjadi sentra industri dan budaya. Di IKM juga disediakan tempat untuk kegiatan masyarakat yang berhubungan dengan kegiatan budaya. (rd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *