BLK Sumenep Berikan Peluang Skill di Job Fair 2023

Uncategorized792 Dilihat

SUMENEP, maduranetwork.com – Kabupaten Sumenep menghadapi tantangan serius dalam mengatasi tingkat pengangguran yang tinggi. Pemerintah Kabupaten Sumenep menyadari bahwa salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat adalah dengan memberikan peluang kerja yang lebih luas, terutama bagi mereka yang sedang mencari pekerjaan.

Pada tanggal 18 Oktober 2023, Pemerintah Kabupaten Sumenep, melalui Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dan Tenaga Kerja (Naker), menggelar Job Fair 2023, sebuah acara yang memberikan ribuan peluang pekerjaan.

Job Fair 2023 ini menawarkan lebih dari 1.867 lowongan pekerjaan, meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya 1.275. Acara ini berlangsung hanya selama satu hari di Gedung Graha Wicaksana Abdi Negara (KORPRI), Sumenep, dengan tema “Raih Kesempatan Untuk Masa Depan Yang Lebih Baik.”

Tidak kurang dari 34 perusahaan dan lembaga pemerintah turut serta dalam acara ini, dengan 20 di antaranya berasal dari perusahaan lokal, sementara 14 lainnya datang dari luar daerah.

Bupati Sumenep, Achmad Fauzi Wongsojudo, SH, MH, membuka acara ini dengan sambutan hangatnya. Ia menyampaikan, “Pemerintah daerah terus berusaha melakukan penurunan angka pengangguran dengan berbagai cara, salah satunya memperluas kesempatan kerja untuk masyarakat melalui Job Fair ini.”

Ia juga berharap para pencari kerja dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan baik sesuai dengan keterampilan, kompetensi, dan pendidikan yang mereka miliki.

“Kami juga optimis Job Fair ini bisa memberikan informasi lowongan kerja bagi para pencari kerja lokal untuk memilih jenis pekerjaan sehingga dapat menekan tingkat pengangguran,” tambah Bupati Fauzi.

Di samping itu, Kepala UPT Balai Latihan Kerja (BLK) Sumenep, Bahtiar Santoso, S.Sos, MM, menyambut Job Fair 2023 dengan antusiasme tinggi. Di stan BLK Sumenep, mereka memberikan informasi tentang berbagai pelatihan kerja yang mereka tawarkan, termasuk hasil produksi dari siswa-siswa pelatihan, seperti desain grafis dan desain batik.

Bahtiar mengatakan, “Kami selalu melakukan inovasi dan memberikan peluang kepada masyarakat untuk menjadi tenaga kerja yang profesional dan mengejar pekerjaan sesuai dengan bidang keahliannya,” ujarnya.

Job Fair 2023 tidak hanya menawarkan peluang pekerjaan. Acara ini juga mencakup berbagai kegiatan sosial dan layanan masyarakat, termasuk pasar murah, penjualan produk UMKM, cek kesehatan gratis, donor darah, penyediaan perizinan melalui mobil layanan, pembuatan KTP dan KK melalui mobil layanan, serta pengurusan perpanjangan STNK dan servis motor gratis.

Job Fair 2023 di Sumenep merupakan langkah nyata dalam mengatasi pengangguran dan memberikan peluang kerja bagi masyarakat. Dengan kolaborasi antara pemerintah, perusahaan, dan institusi pelatihan seperti BLK Sumenep, diharapkan akan ada lebih banyak orang yang mendapatkan pekerjaan dan mendukung pertumbuhan ekonomi daerah. (yud)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *