Bulan Soekarno Gelar Parade Musik Tongtong, Turis Jerman Akui Terkesan

SUMENEP674 Dilihat

SUMENEP, maduranetwork.com – Memperingati Bulan Bung Karno 2023, Pemerintah Kabupaten Sumenep menggelar berbagai acara. Salah satu kegiatan yang mendapat animo tinggi masyarakat Sumenep adalah pertunjukan parade musik tradisional, musik tongtong yang digelar Sabtu malam (10/5/2023).

Ribuan warga Sumenep tumpah ruah di sepanjang rute jalan yang dilewati grup musik tongtong. Dari sekian acara memperingati bulan “sang proklamator kemerdekaan RI” itu, parade musik tongtong merupakan acara unggulan yang ditunggu masyarakat.

Rute lintasan parade ini dimulai depan rumah dinas bupati Sumenep Jalan Panglima Sudirman dan berakhir di Lapangan Giling Sumenep.

Dalam gelaran tersebut, sebanyak enam grup musik tongtong terbaik di Sumenep ikut berpartisipasi dan menunjukkan kebolehannya di hadapan masyarakat. Salah satunya adalah juara 1 grup musik tongtong, Gong Mania.

Sebelum melepas peserta parade musik tongtong, Bupati Sumenep, Achmad Fauzi SH, MH, menyampaikan bahwa parade musik tongtong digelar untuk mengapresiasi segala bentuk perjuangan Bung Karno sebagai proklamator kemerdekaan Indonesia.

“Bulan Juni adalah bulan bersejarah bagi Insinyur Soekarno. Selain didalamnya ada Hari Kelahiran Pancasila, bulan Juni juga merupakan bulan lahir dan wafatnya presiden pertama Indonesia ini,” jelas bupati Sumenep.

“Masyarakat Madura khususnya Warga Sumenep harus terus mengenang sejarah bangsa ini. Termasuk menjadikan semangat sang proklamator merasuk ke dalam jiwa setiap anak bangsa. Sebagai pengingat, kami sengaja menggelar parade musik tradisional tongtong ini,” pungkas ketua DPC PDI Perjuangan Sumenep.

Parade musik tradisional tongtong tak hanya menyedot animo masyarakat Kota Sumenep, tapi juga wisatawan dari mancanegara.

“Luar biasa. Very nice (bagus sekali, red), musik ini tidak ada di negara kami, sebuah kolaborasi musik perkusi yang dikemas sangat cantik. Beautiful (cantik, red.), saya suka sekali,” jelas Jonathan F. turis asal Jerman saat ditemui Madura Network disela-sela menikmati parade musik tongtong. (yud)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *