Bupati Sumenep Apresiasi Langkah FKPT Jatim dalam Pencegahan Intoleransi dan Radikalisme

Uncategorized71 Dilihat

SUMENEP, maduranetwork.com – Bupati Sumenep, Achmad Fauzi Wongsojudo, memberikan apresiasi terhadap langkah Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Jawa Timur (Jatim) yang gencar dalam upaya pencegahan intoleransi, radikalisme, dan terorisme.

Dalam sebuah Workshop bertema “Gembira (Gerakan Muda Bangsa Bernegara)” yang diselenggarakan oleh FKPT Jatim di Pendopo Keraton Sumenep pada Rabu (05/06/2024), Bupati menyampaikan dukungan penuh dari pemerintah daerah terhadap upaya-upaya pencegahan tersebut.

“Kami berterima kasih kepada BNPT dan FKPT Jawa Timur, karena terus melakukan upaya-upaya pencegahan ini. Kami pemerintah daerah jelas sangat mendukung,” ujar Bupati Sumenep.

Menurutnya, walaupun isu tentang intoleransi, radikalisme, dan terorisme tidak tampak di permukaan seperti beberapa tahun lalu, namun pergerakannya diyakini masih ada di masyarakat. Oleh karena itu, kegiatan pencegahan seperti yang dilakukan oleh FKPT Jatim sangatlah penting.

“Kegiatan seperti ini harus mendapat dukungan semua pihak di daerah dalam rangka pencegahan demi menjaga kerukunan dan keamanan seluruh masyarakat Kabupaten Sumenep,” tambahnya.

Workshop yang diselenggarakan oleh FKPT Jatim di Kabupaten Sumenep melibatkan organisasi lintas agama dan organisasi kepemudaan. Hal ini sejalan dengan keberagaman suku, budaya, dan agama yang ada di Kabupaten Sumenep.

Bupati menyatakan bahwa Kabupaten Sumenep memiliki tantangan tersendiri dalam pencegahan intoleransi, radikalisme, dan terorisme, mengingat wilayahnya yang terdiri dari banyak pulau dengan keberagaman yang kompleks.

“Pulau-pulau yang jumlahnya banyak dengan jarak yang jauh menjadi tantangan bersama, sehingga memerlukan pengawasan oleh semua elemen,” jelasnya.

FKPT Jatim mengadakan kegiatan tersebut dalam rangka merawat perdamaian, toleransi, dan kebhinnekaan Indonesia, serta mendorong masyarakat untuk aktif dalam pencegahan terhadap paham yang bertentangan dengan Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi bangsa Indonesia. (sdm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *