Bupati Sumenep Paparkan Capaian Keberhasilan Pembangunan pada Hari Jadi ke-754

Uncategorized988 Dilihat

SUMENEP- Pemerintah Kabupaten Sumenep merayakan hari jadi ke-754 dengan semangat pembangunan yang kuat. Dalam kesempatan tersebut, Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo menyampaikan berbagai capaian keberhasilan pembangunan yang telah dicapai oleh daerah ini.

Menurut Bupati Achmad Fauzi, pemerintah daerah dan seluruh perangkat daerah telah berupaya keras untuk menjalankan program-program pembangunan sesuai dengan visi dan misi yang tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026.

Salah satu pencapaian yang patut disoroti adalah penurunan angka kemiskinan pada tahun 2022, yang berhasil turun menjadi 18,76 persen dari 20,51 persen pada tahun 2021.

Begitu juga dengan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Kabupaten Sumenep pada tahun 2022, yang menunjukkan penurunan signifikan dibandingkan tahun sebelumnya. BPS Kabupaten Sumenep mencatat bahwa TPT tahun 2022 turun sebesar 1,36 persen dari tahun-tahun sebelumnya yang berada di atas 2 persen.

“Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sumenep, angka pengangguran terbuka Kabupaten Sumenep 2022 menurun sebesar 1,36 persen dibanding dua tahun sebelumnya di atas 2 persen, yakni 2021 sebesar 2,31 persen dan 2020 mencapai 2,84 persen,” ujarnya.

Selain itu, pertumbuhan ekonomi Kabupaten Sumenep pada tahun 2022 juga mengalami peningkatan signifikan, yaitu dari 3,1 persen setelah wabah Covid-19 menjadi 5,02 persen. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) juga menunjukkan peningkatan, saat ini berada pada angka 68,87 persen dari sebelumnya 68,07 persen.

Bupati Sumenep menyatakan bahwa meskipun telah berhasil menurunkan angka kemiskinan dan pengangguran terbuka, pihaknya tidak berpuas diri. Dia menekankan bahwa semua aparatur sipil negara (ASN) di jajaran perangkat daerah terus berkomitmen untuk bekerja keras dan cerdas demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dalam upaya memajukan Sumenep, Bupati mengajak semua elemen di Kabupaten Sumenep untuk meningkatkan semangat gotong royong dan bekerjasama dalam membangun daerah sesuai dengan bidangnya masing-masing.

“Kami mengharapkan semua elemen di Kabupaten Sumenep meningkatkan gotong royong, untuk berperan aktif ikut serta membangun daerah,” ucapnya.

Bupati Achmad Fauzi juga menekankan bahwa hari jadi Kabupaten Sumenep tahun ini mengangkat tema “Masa Kejayaan,” yang diharapkan dapat menjadi pemicu motivasi bagi masyarakat Sumenep untuk lebih maju dengan menggali potensi di berbagai bidang, seperti seni, budaya, sumber daya alam, dan potensi lainnya.

“Peran semua elemen bersama-sama dengan konsep Pentahelix atau multipihak untuk meningkatkan kemakmuran, kesejahteraan, dan kemajuan Kabupaten Sumenep,” pungkas bupati. (rj)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *