Dilanda Kekeringan, Dinsos P3A dan IKA PMII Pasok Bant

Uncategorized842 Dilihat

SUMENEP, maduranetwork.com – Desa Montorna, Kecamatan Pasongsongan, Kabupaten Sumenep, saat ini sedang menghadapi masalah kekeringan yang cukup parah. Namun, ada kabar baik bagi warga desa tersebut. Dinas Sosial, Perlindungan Perempuan, dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Kabupaten Sumenep bekerja sama dengan Ikatan Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (IKA PMII) Sumenep memberikan bantuan kemanusiaan berupa ribuan liter air bersih di lima titik di Desa Montorna, Selasa, (3/10 2023).

Bantuan ini diberikan sebagai respons cepat terhadap kebutuhan mendesak warga desa yang sedang mengalami kekeringan akibat musim kemarau yang panjang. ”Bupati selalu menekankan, setiap ada keluhan masyarakat segera diakomodir. Jadi kami harus bergerak cepat membantu masyarakat,” terang Kadinsos P3A Sumenep, Achmad Dzulkarnain.

Dia menerangkan bahwa belakangan banyak mendapat laporan warga bahwa di desa tersebut kesulitan mendapatkan air bersih karena dampak musim kemarau. ”Dinsos P3A bersama IKA PMII Sumenep melakukan pendistribusian air bersih tersebut demi membantu masyarakat,” terangnya.

Kekeringan yang melanda Desa Montorna telah menyebabkan kesulitan dalam mendapatkan air bersih. Warga desa harus melakukan perjalanan jauh untuk mendapatkan air, bahkan ada yang harus mengandalkan sumur-sumur dangkal yang kualitas airnya tidak terjamin. Oleh karena itu, bantuan ribuan liter air bersih ini sangat berarti bagi warga setempat.

”Warga membutuhkan air bersih untuk memasak dan minum. Pengiriman air bersih akan terus dilaksanakan selama warga masih mengalami kekeringan, hal ini dilakukan untuk mengantisipasi dampak kemarau panjang, sehingga pendistribusian air bersih secara intensif akan terus dilakukan ke sejumlah titik yang kekurangan air bersih,” imbuh Dzulkarnain.

Dinsos P3A Sumenep dan IKA PMII Sumenep juga berencana untuk terus melakukan pemantauan dan memberikan bantuan tambahan jika diperlukan. Mereka berkomitmen untuk membantu warga desa yang terdampak kekeringan agar dapat bertahan dan melewati masa sulit ini.

Salah satu warga Montorna, Dewi, mengucapkan terima kasih kepada Dinsos P3A Sumenep dan IKA PMII Sumenep atas respon cepat dan bantuan yang diberikan. Menurutnya, bantuan ini sangat membantu meringankan beban warga dalam memenuhi kebutuhan air sehari-hari.

“Masyarakat di sini (Montorna, red.) senang dengan bantuan air bersih yang telah didistribusikan Dinsos P3A bersama IKA PMII. Ini sangat bermanfaat dan sangat membantu masyarakat,” ucap Dewi.

Dalam situasi seperti ini, kerjasama antara pemerintah daerah, organisasi sosial, dan masyarakat sangat penting. Bantuan kemanusiaan yang diberikan oleh Dinsos P3A Sumenep dan IKA PMII Sumenep merupakan contoh nyata dari kolaborasi yang berhasil dalam membantu masyarakat yang membutuhkan. (sdm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *