Dinas Pertanian Sampang Sediakan Pestisida Gratis untuk Petani

Uncategorized960 Dilihat

SAMPANG, maduranetwork.com – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Disperta KP) Kabupaten Sampang menghadirkan layanan inovatif Estu Eleng (Spot Stop Elektronik Keliling) yang memberikan obat hama (pestisida) secara gratis bagi para petani yang membutuhkan. Program ini merupakan pelayanan aktif yang menjemput bola dalam penanganan Organisme Pengganggu Tumbuhan di desa-desa.

Kepala Dinas Pertanian Sampang, Ir. Suyono, menjelaskan bahwa inisiatif ini bertujuan memberikan bantuan pestisida secara cuma-cuma kepada para petani. Layanan tersebut mencakup tanaman pangan, hortikultura, dan perkebunan.

“Pestisida gratis ini kami sediakan untuk berbagai jenis tanaman, mulai dari tanaman pangan, holtikultura, hingga perkebunan. Kami ingin memberikan dukungan kepada para petani untuk mengatasi masalah hama yang dapat merugikan tanaman mereka,” ungkap Suyono.

Petugas penyuluh pertanian rutin turun ke lapangan dan menjemput bola untuk menangani tanaman yang terkena hama. Para petani yang mengalami gejala serangan hama dapat melaporkan ke Balai Penyuluh Pertanian (BPP) terdekat di masing-masing kecamatan.

“Ketika ada gejala pada tanaman, laporkan ke kami. Kami akan melakukan observasi, memberikan rekomendasi, dan memberikan pestisida yang sesuai secara gratis kepada petani,” jelasnya.

Suyono menekankan bahwa serangan hama sering terjadi di beberapa kecamatan seperti Sampang Kota, Sreseh, Kedungdung, dan Banyuates. Program ini diharapkan dapat memberikan manfaat nyata kepada para petani, mengurangi beban biaya dalam mengatasi serangan hama, dan meningkatkan produktivitas pertanian. (sul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *