DKPP Sumenep Berikan Bantuan Pupuk dan Bibit Tembakau untuk Tingkatkan Produktivitas Petani

Uncategorized86 Dilihat

SUMENEP, maduranetwork.com – Sejumlah kelompok tani (Poktan) di Kabupaten Sumenep, Madura, mendapatkan bantuan pupuk dan bibit tembakau dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) setempat. Langkah ini diambil untuk meringankan beban petani dan meningkatkan produktivitas tembakau di musim tanam.

Kepala DKPP Sumenep, Chainur Rasyid, yang akrab disapa Inung, menyatakan bahwa bantuan pupuk ini bertujuan untuk meringankan beban petani serta meningkatkan hasil panen tembakau.

“Pupuk yang kita salurkan itu langsung ke Poktan dan kemudian diberikan kepada masing-masing anggotanya,” kata Inung.

Bantuan pupuk jenis NPK ini didistribusikan secara fokus ke wilayah yang memiliki potensi tinggi untuk penanaman tembakau. Hingga saat ini, sebanyak 120 ton pupuk telah terdistribusi ke 15 kecamatan di Sumenep.

“Jumlah pupuk yang sudah terdistribusi sebanyak 120 ton untuk 15 Kecamatan,” ungkap Inung. Ia berharap agar bantuan pupuk dari Pemerintah Kabupaten Sumenep ini digunakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan tidak disalahgunakan.

“Sampaikan dengan benar, jangan sampai terjadi sesuatu yang tidak diinginkan,” tegasnya, menekankan pentingnya transparansi dan kepatuhan terhadap aturan dalam pendistribusian dan penggunaan pupuk.

Dengan adanya bantuan ini, diharapkan produktivitas tembakau di Kabupaten Sumenep dapat meningkat, sehingga kesejahteraan petani pun ikut terangkat. DKPP Sumenep terus berkomitmen untuk mendukung petani dalam mengembangkan pertanian yang berkelanjutan dan produktif. (rd)