Edukasi Keselamatan Berkendara, Satlantas Polres Sumenep Ngopi Bareng Ojol

SUMENEP21 Dilihat

SUMENEP, maduranetworkcom – Satuan Polisi Lalu Lintas (Satlantas) Polres Sumenep, Madura, Jawa Timur, menggelar acara ngopi bareng bersama sejumlah Ojek Online (Ojol), Jumat (05/07/2024).

Kegiatan ini berlangsung di Poslantas 12.0 Jalan Trunojoyo dan dipimpin langsung oleh Kasat Lantas Polres Sumenep AKP A. Nasution, S.H., M.H., didampingi oleh KBO Lantas, KRI, dan Kanit Dikyasa.

Pada kesempatan tersebut, para driver Ojol berbagi cerita dan pengalaman mereka saat berkendara di jalan. Kasat Lantas AKP Nasution menyampaikan berbagai kiat keselamatan dalam berlalu lintas kepada para driver Ojol, mengingatkan mereka untuk tetap berhati-hati di jalan dan tertib berlalu lintas, terutama dalam penggunaan helm bagi penumpang.

“Driver Ojol untuk tetap berhati-hati di jalan dan menjaga keselamatan. Terutama penggunaan helm SNI, itu wajib digunakan,” pesan AKP Nasution.

Kasat Lantas juga menegaskan bahwa helm berstandar SNI merupakan keselamatan utama bagi pengendara sepeda motor, terutama bagi para Ojol yang sehari-hari membonceng penumpang. Penggunaan helm SNI dapat melindungi pengendara dari benturan jika terjadi kecelakaan.

“Penumpang yang tidak mau pakai helm harus tetap diarahkan dan diupayakan untuk memakai helm,” terangnya.

Selama acara, sambil menikmati kopi dan makanan ringan, para driver Ojol juga diingatkan beberapa poin penting saat berkendara, seperti berhenti sejenak jika hendak menggunakan smartphone, serta menghindari merokok di jalan karena dapat membahayakan pengguna jalan lain.

Kasat AKP Nasution juga menjelaskan bahwa selama tiga bulan terakhir, Satlantas Polres Sumenep berhasil menurunkan angka kecelakaan lalu lintas (lakalantas). Ia berharap para Ojol dapat menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas untuk menekan angka kecelakaan.

Sementara itu, Ketua Ojol Sumenep Saufik Mahmudi mengungkapkan bahwa salah satu masalah yang sering dihadapi di lapangan adalah penumpang yang membuka helm saat di tengah perjalanan. Ia berharap masyarakat semakin menyadari pentingnya penggunaan helm.

“Kami persatuan Ojol Sumenep siap menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Polres Sumenep,” pungkasnya.

Kegiatan ini bukan hanya tentang ngopi bersama, tetapi juga tentang edukasi dan kesadaran akan pentingnya keselamatan berkendara. Dengan kolaborasi antara kepolisian dan komunitas Ojol, diharapkan kamtibmas dan kamseltibcarlantas dapat terus terjaga dengan baik. (sdm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *