Festival Jaran Serek Sukses digelar, Bupati Sumenep Ajak Seluruh Elemen Pertahankan Seni Budaya Warisan Leluhur

SUMENEP795 Dilihat

SUMENEP, maduranetwork.com – Pemerintah kabupaten (Pemkab) Sumenep Madura menggelar Festival Jaran Serek (Kuda Menari) dalam rangka menyambut masa kejayaan Sumenep 2023.

Festival Jaran Serek ini dilaksanakan pada Sabtu, 27 Mei 2023 pukul 08.00 WIB. Yang dimulai dari lapangan giling Jl. KH. Agus Salim sampai finis musium keraton Sumenep.

Diketahui Festival Jaran Serek ‘Kuda Menari’ tersebut merupakan salah satu dari bagian rangkaian kegiatan pada Calendar Event Sumenep 2023 Masa Kejayaan sumenep yang digagas Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Pemuda Olahraga (Disbudporapar) Kabupaten Sumenep.

Pada kesempatan itu Bupati Sumenep Achmad Fauzi menyebutkan para peserta dapat memberikan penampilan berbagai kreasi, kreatif dalam aksi kebudayaan untuk menarik perhatian para masyarakat.

“Para peserta festival Jaran Serek ‘Kuda Menari’ ini, harus menampilkan kreasi yang atraktif dan kreatif dalam menampilkan aksi kudanya, untuk menarik perhatian masyarakat yang menyaksikan di sepanjang rute mulai start hingga finish,” katanya.

Pihaknya juga mengaku dengan kegiatan festival ‘Kuda Menari’ itu seni budaya Jaran Serek dapat dipertahankan dan dipelihara, mengingat pada zaman di era saat ini, perubahan dalam masyarakat tidak hanya terletak pada pola pikirnya saja, tetapi juga tentang selera Senin dan budaya.

Selain itu Bupati Sumenep mengajak seluru elemen dapat ikut serta dalam menjaga mempertahankan Senin budaya leluhur yang ada.

“Seluruh elemen harus bersama-sama mempertahankan seni budaya warisan leluhur, agar masyarakat tidak melupakan budayanya, sehingga mempunyai kepedulian untuk melanjutkan keberadaannya di era apapun,”pungkasnya. (sdm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *