Hujan Deras dan Angin Puting Beliung Robohkan Tiang Listrik dan Pohon di Jalan Raya Sumenep

SUMENEP639 Dilihat

SUMENEP, maduranetwork.com – Hujan deras yang disertai angin puting beliung melanda wilayah Kabupaten Sumenep, Madura, pada sekitar pukul 13.30 WIB, mengakibatkan robohnya tiang listrik dan pohon di sepanjang Jalan Raya Sumenep – Pamekasan.

Kejadian ini menyebabkan ruas jalan nasional tertutup oleh reruntuhan tiang listrik dan pohon yang roboh, terutama di Desa Nambakor, Kecamatan Saronggi. Beruntung, insiden ini tidak menimbulkan korban jiwa, namun menimbulkan gangguan pada lalu lintas.

Mendapat laporan terkait kejadian tersebut, aparat kepolisian bersama TNI, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan Puskesmas Saronggi segera merespons dan menuju lokasi kejadian.

Kapolres Sumenep, AKBP Edo Satya Kentriko, SH, SIK, MH, melalui Kasi Humas Polres Sumenep, AKP Widiarti, SH, menjelaskan bahwa cuaca saat kejadian sedang dalam kondisi hujan lebat dengan angin puting beliung yang menyebabkan robohnya tiang listrik dan pohon.

“Tiang listrik dan pohon yang tumbang tersebut disebabkan oleh terjangan angin puting beliung, sehingga menghalangi akses jalan raya nasional Sumenep – Pamekasan,” ujarnya pada Selasa (09/01/2024).

Widiarti menambahkan bahwa petugas dari Polsek Saronggi bersama TNI serta instansi terkait segera bertindak dengan mengalihkan arus lalu lintas dan menghubungi dinas terkait untuk evakuasi pohon yang tumbang.

“Pasukan dari BPBD dan Dinas Kebakaran Kabupaten Sumenep, bersama TNI-Polri dan staf Kecamatan Saronggi dibantu oleh warga sekitar, melakukan pemotongan dahan dan ranting pohon yang menghalangi jalan,” ungkapnya.

Proses evakuasi tiang listrik dan pemotongan pohon memakan waktu hampir satu jam, dan setelah selesai, arus lalu lintas kembali dibuka untuk umum, memungkinkan kelancaran aktivitas transportasi di wilayah tersebut. (sdm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *