Kalah dari Guinea, Timnas U23 Indonesia Gagal Lolos ke Olimpiade 2024

Uncategorized47 Dilihat

PERANCIS, maduranetwork.com – Timnas U23 Indonesia mengalami kekecewaan besar setelah menelan kekalahan 0-1 dari Guinea dalam laga playoff Olimpiade 2024 yang berlangsung di Clairefontaine, Prancis, pada Kamis (9/5/2024) malam WIB. Gol semata wayang yang menentukan kemenangan Guinea diciptakan oleh Ilaix Moriba melalui tendangan penalti pada menit ke-29.

Kekalahan ini membuat Garuda Muda harus menghentikan impiannya untuk tampil di Olimpiade 2024. Pertandingan tersebut diwarnai oleh kejadian kontroversial yang melibatkan pelatih Timnas U23 Indonesia, Shin Tae-yong, yang dikeluarkan dari lapangan setelah menerima kartu merah pada menit ke-75 akibat protes keras terhadap keputusan wasit memberikan penalti kepada Guinea.

Guinea langsung memberikan ancaman di awal laga melalui tendangan Aguibou Camara pada menit ke-3. Beruntung, bola hasil sepakan Camara masih melambung tipis di atas gawang yang dijaga Ernando Ari.

Pada menit ke-18, serangan cepat dilakukan oleh Timnas U23 Indonesia, dan Pratama Arhan menerima bola di sisi kiri. Namun, tembakan Arhan berhasil diamankan oleh kiper Guinea, Soumaila Sylla.

Kejadian penting terjadi pada menit ke-28 ketika Guinea mendapatkan penalti setelah Witan Sulaeman melanggar Algassime Bah di dalam kotak penalti. Ilaix Moriba, jebolan Barcelona, sukses mengeksekusi tendangan penalti dengan baik dan membawa Guinea unggul 1-0.

Tidak ada gol tambahan hingga akhir babak pertama, membuat Guinea tetap memimpin.

Pada babak kedua, pertandingan berjalan dengan tempo tinggi. Nathan Tjoe-A-On melakukan penyelamatan penting pada menit ke-52, mengagalkan peluang Guinea untuk menambah keunggulan.

Ketegangan meningkat pada menit ke-75 ketika pelatih Shin Tae-yong menerima kartu merah akibat protes kerasnya setelah wasit memberikan penalti kepada Guinea. Kartu merah ini membuat Shin harus meninggalkan lapangan sebelum pertandingan berakhir.

Meskipun Indonesia berusaha mengejar ketertinggalan, upaya mereka tidak membuahkan hasil. Pertandingan berakhir dengan skor 1-0 untuk kemenangan Guinea.

Kegagalan ini menjadi pukulan besar bagi Timnas U23 Indonesia, yang gagal meraih tiket ke Olimpiade 2024. Sementara itu, Guinea berhak melaju ke tahap selanjutnya setelah tampil kuat dalam pertandingan ini. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *