Kemenag Sumenep Galang Toleransi melalui Diseminasi Moderasi Beragama bagi Guru PAI SD

Uncategorized129 Dilihat

SUMENEP, maduranetwork.com – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sumenep, melalui Seksi Pendidikan Agama Islam (PAIS) bersama Kelompok Kerja Guru (KKG) PAI SD Kabupaten Sumenep, menggelar kegiatan Desiminasi Penguatan Moderasi Beragama bagi Guru PAI SD.

Acara ini dihelat di Aula Kantor Kemenag setempat, bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan implementasi nilai-nilai toleransi di kalangan pendidik.

Kegiatan ini dihadiri oleh tokoh-tokoh penting, seperti Kepala Kantor Kemenag Sumenep, Kasi PAIS Kemenag Sumenep, Ketua KKG PAI SD, dan Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep. Dalam sambutannya, Kepala Kantor Kemenag Sumenep, Abdul Wasid, menekankan pentingnya moderasi beragama dalam menjaga kerukunan dan persatuan.

“Moderasi beragama sangat penting untuk menjaga keharmonisan dan persatuan bangsa, terutama di tengah maraknya ujaran kebencian dan intoleransi,” ujar Abdul Wasid.

Wasid menambahkan bahwa guru PAI SD memegang peranan strategis dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama kepada peserta didik. Mereka harus menjadi teladan bagi siswa dalam mengamalkan nilai-nilai toleransi dan menghormati perbedaan.

Kegiatan ini melibatkan narasumber yang kompeten di bidang moderasi beragama, yang menyampaikan materi tentang konsep moderasi beragama, pentingnya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, serta strategi penerapan dalam pembelajaran PAI SD.

“Moderasi beragama bukan berarti menghilangkan identitas agama, tetapi justru memperkaya dan memperkuat pemahaman kita terhadap agama,” ungkap salah satu narasumber, Moh. Syamsul Arifin.

Peserta aktif dalam sesi tanya jawab dan diskusi, menunjukkan antusiasme mereka terhadap materi yang disampaikan.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman guru PAI SD tentang moderasi beragama, serta memperkuat komitmen mereka dalam menerapkan nilai-nilai toleransi dalam pembelajaran di sekolah.

Dengan demikian, diharapkan generasi muda di Kabupaten Sumenep dapat tumbuh menjadi generasi yang moderat, toleran, dan cinta tanah air. (mc/rd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *