Korwil Kokop Gelar Olimpiade MIPA dan Bina Kreatifitas

Sebanyak 249 Siswa dari 50 Lembaga Pendidikan Ikut

Uncategorized953 Dilihat

BANGKALAN, maduranetwork.com – Untuk memfasilitasi pengembangan bakat dan minat siswa sehingga dapat berkreasi dan berinovasi sesuai kemampuan, Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) dan Koordinator Wilayah Bidang Pendidikan Kecamatan Kokop, menggelar Olimpiade MIPA dan Bina Kreativitas siswa tingkat sekolah dasar di Kecamatan Kokop, Bangkalan, Kamis, 16 Maret 2023

Lomba diharapkan mendorong prestasi siswa dalam mengembangkan kompetensi intelektual dasar dan keterampilan seni, budaya, minat baca, dan budi pekerti yang baik, sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan serta dapat menerapkan akhlakul karimah.

Selain itu diharapkan juga memberi motivasi terhadap siswa untuk mengungkapkan gagasan, nalar, dan imajinasi sehingga tumbuh semangat belajar yang tinggi, kritis, kreatif, dan produktif serta menjaring bibit unggul dan berprestasi sebagai calon peserta lomba yang akan dikirim ke tingkat kabupaten secara berjenjang.

Sebanyak 249 peserta didik dari 50 lembaga sekolah negeri dan swasta di lingkungan Kecamatan Kokop mengikuti lomba bergengsi tersebut

“Kegiatan ini dilakukan sebagai wahana bagi siswa untuk berkreasi, berapresiasi dan berkompetensi secara sehat mengacu pada inovatif pendidikan dengan mengedepankan semangat sportivitas yang tinggi. Budaya ini perlu dikembangkan sebagai salah satu strategi pembinaan dan peningkatan kualitas siswa,” jelas Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Kokop, Sayadi S, M.Pd.

Ia berharap kegiatan itu dapat meningkatkan kreativitas dan memotivasi siswa untuk mengekpresikan diri melalui kegiatan sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuan. “Kegiatan ini diharapkan pula mempererat semangat dan komitmen para praktisi pendidikan, sehingga mutu pendidikan di Kecamatan Kokop dapat berkembang dengan baik,” pesannya.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bangkalan, Dr Bambang Budi Mustika, turut hadir untuk membuka acara Lomba MIPA dan Kreativitas siswa tahun 2023 tingkat Kecamatan Kokop.

Dia menyampaikan bahwa semua pemangku pendidikan harus waspada dengan era zaman teknologi yang sangat canggih. “Saat ini teknologi banyak digunakan main game oleh anak-anak, hal ini tidak baik dalam perkembangan otak anak. Karena itu pemangku pendidikan harus mengarahkan bahwa teknologi harus dimanfaatkan untuk pembelajaran,” pesan kadisdik.

 

Kepada panitia dan para juri, Kadisdik berpesan agar dalam mengolah nilai dengan profesional sehingga terpilih anak yang benar-benar terbaik. Dia juga berharap juara hasil lomba ini dibina lebih lanjut, kemudian dikirim menjadi wakil dari Kecamatan Kokop untuk mengikuti lomba di tingkat Kabupaten Bangkalan.

Adapun hasil lomba MIPA dan Kreatifitas siswa tingkat Kecamatan Kokop sebagai berikut. Mata pelajaran yang dilombakan sebanyak 8 pelajaran.

Mata Pelajaran Matematika
Juara 1 UPTD SDN Mandung 3
Juara 2 UPTD SDN Tramok 2
Juara 3 siswa SDI Miftahul Huda

Mata Pelajaran IPA
Juara 1 UPTD SDN Mano’an 2
Juara 2 UPTD SDN Durjan 3
Juara 3 siswa UPTD SDN Dupok 1

Menyanyi Tunggal
Juara 1 UPTD SDN Tramok 1
Juara 2 UPTD SDN Kokop 3
Juara 3 UPTD SDN Tokoh 1

Pildacil
Juara 1 UPTD SDN Katol Timur 1
Juara 2 UPTD SDN Banda Soleh 1
Juara 3 UPTD SDN Dupak 4

Gambar Bercerita
Juara 1 UPTD SDN Bandang Laok 1
Juara 2 UPTD SDN Katik Timur 3
Juara 3 UPTD SDN Dupak 1

Kria Anyam
Juara 1 UPTD SDN Banda Soleh 1
Juara 2 UPTD SDN Lembung Gunung 1
Juara 3 UPTD SDN Mano’an 3

Membatik
Juara 1 UPTD SDN Lembung Gunung 1
Juara 2 UPTD SDN Dupak 3
Juara 3 siswa UPTD SDN Batokorogan 2

Hafalan Qur’an
Juara 1 SDI Raudlatul Mubtadiin
Juara 2 UPTD SDN Kokop 3
Juara 3 UPTD SDN Bandang Laok 3

Adapun juara umum diraih oleh UPTD SDN Banda Soleh 1. Hasil juara 1, 2, dan 3 dari lomba MIPA dan Kreatifitas siswa ini akan dibina di Kecamatan Kokop, kemudian yang layak akan dikirim ke lomba tingkat Kabupaten Bangkalan. (rd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *