Menteri Perdagangan Pastikan Persediaan Beras Cukup menjelang Ramadan 1445 Hijriah

Uncategorized452 Dilihat

JAKARTA, maduranetwork.com – Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan, memastikan bahwa persediaan bahan pokok, khususnya beras, cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia menjelang Ramadan 1445 Hijriah.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Zulkifli Hasan usai peluncuran buku bertajuk “Capaian Kinerja Menteri Perdagangan 2023: Majukan Perdagangan Bersama Zulhas” dan senam bersama pegawai Kementerian Perdagangan.

“Seluruh persediaan cukup, terutama beras,” kata Zulkifli Hasan, yang akrab disapa Zulhas, di Kementerian Perdagangan, Jakarta, Minggu (4/2/2024), seperti dilansir Antara.

Meskipun mengakui adanya gangguan persediaan dalam negeri, Zulhas menegaskan bahwa Bulog telah mengimpor dua juta ton beras pada tahun 2023 dan mengimpor dua juta ton lagi pada tahun 2024. “Kemarin Bulog sudah impor hampir 2 juta lebih dan tahun ini juga lebih dari 2 juta (ton),” tambahnya.

Zulkifli Hasan menyoroti ketersediaan bahan pokok sebagai hal yang paling penting menjelang Ramadan 1445 Hijriah, meskipun terjadi peningkatan harga beberapa bahan pokok. Dalam laman resmi Badan Pangan Nasional, tercatat bahwa beberapa bahan pokok mengalami kenaikan harga, seperti beras premium, daging sapi murni, dan cabai merah keriting.

“Yang paling penting persediaan cukup,” tegas Zulhas.

Pada 1 Februari 2024, Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas), Arief Prasetyo Adi, juga menyatakan bahwa stok pangan untuk Februari dan menjelang Ramadan pada Maret 2024 dianggap cukup.

Pemerintah terus berupaya menjaga kecukupan kebutuhan pangan nasional dengan berbagai langkah, termasuk percepatan produksi pertanian, diversifikasi pangan, dan bantuan pangan beras. Pemerintah juga berencana meningkatkan Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) yang terdiri dari 11 komoditas bahan pokok. (ant/rj)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *