Pemilu 2024, KPU Sumenep Target Partispiasi 90 Persen

Uncategorized714 Dilihat

SUMENEP, maduranetwork.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep, telah menetapkan target ambisius untuk Pemilu 2024. KPU bertekad untuk mencapai partisipasi pemilih mencapai 90 persen dalam pemilihan nanti.

Komisioner KPU Sumenep Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) dan Partisipasi Masyarakat, Rafiqi, menjelaskan bahwa target ini didasarkan pada angka partisipasi pemilih dalam Pemilu sebelumnya, yang mencapai kisaran 80 persen atau sekitar 700 ribu pemilih.

”Kami ingin meningkatkan partisipasi pemilih, dan oleh karena itu, kami menargetkan angka partisipasi pemilih pada Pemilu 2024 mencapai 90 persen, bahkan lebih,” kata Rafiqi.

Pada Pemilu 2024, jumlah daftar pemilih tetap (DPT) Kabupaten Sumenep mencapai 877.135 orang. Untuk mencapai target partisipasi pemilih yang tinggi, KPU Sumenep telah mengambil serangkaian tindakan sosialisasi yang komprehensif kepada masyarakat. Sosialisasi tersebut dilakukan secara tatap muka dan melalui media sosial untuk mencakup berbagai kelompok usia dan lapisan masyarakat.

Menurut Rafiqi, tingkat partisipasi pemilih adalah salah satu indikator keberhasilan Pemilu. Oleh karena itu, masyarakat diimbau untuk menyalurkan hak suara mereka dan tidak memilih golput. ”Penyaluran suara sangat penting dalam Pemilu 2024, karena hal ini akan menentukan pemimpin selama 5 tahun ke depan,” ungkapnya.

Pentingnya partisipasi pemilih dalam proses demokrasi tidak bisa diragukan. Partisipasi yang tinggi menggambarkan keterlibatan aktif masyarakat dalam menentukan masa depan negara.

Dengan mencapai target partisipasi pemilih sebesar 90 persen atau lebih, KPU Sumenep berharap dapat memastikan bahwa semua warga Sumenep memiliki kesempatan untuk ikut serta dalam menentukan arah politik dan pemimpin yang mereka inginkan.

KPU Sumenep juga terus mendorong kesadaran politik dan partisipasi aktif melalui edukasi pemilih, informasi mengenai calon pemimpin, dan pemahaman akan proses pemilihan. Selain itu, upaya keras dalam memberikan akses yang mudah untuk pemilih dengan mengatur tempat pemungutan suara yang nyaman dan aman juga menjadi prioritas.

Pemilu 2024 diharapkan menjadi peristiwa demokratis yang berlangsung dengan sukses, dengan partisipasi pemilih yang tinggi. Hal ini akan menjadi cerminan kuat dari keinginan masyarakat Kabupaten Sumenep untuk memiliki suara aktif dalam menentukan masa depan mereka dan membantu membangun pemerintahan yang lebih inklusif dan representatif. (rj)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *