Pendaftaran Bacakades Dibuka, Plt Bupati Minta P2KD Harus Netral

BANGKALAN385 Dilihat

BANGKALAN, maduranetwork.com – Pendaftaran Bakal Calon Kepala Desa (Bacakades) Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Tahap II di Kabupaten Bangkalan dibuka sejak Rabu (15/2/2023).

Pendaftaran Bacakades ini bakal berlangsung hingga tanggal 27 Februari. Diketahui, terdapat 121 Desa yang akan melaksanakan Pilkades pada tanggal 03 Mei 2023 mendatang.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bangkalan Drs Mohni MM berharap Bacakades yang ingin mengikuti kontestasi Pilkades bisa menjunjung tinggi nilai sportivitas dan bersaing dengan sehat.

“Silahkan berkompetisi dengan baik dan sehat,” pesan Plt Bupati saat ditemui di Kantor Disperinaker Bangkalan usai pembukaan pelatihan kerja kemarin.

Mohni mengatakan terkadang ketika momentum Pilkades ada segelintir orang yang menciptakan suasana kurang elok dan mengganggu kondusifitas masyarakat. “Kalau dulu istilahnya petaruh, kalau sekarang mungkin suporter,” ucap dia.

Meski demikian, Mohni tidak melarang adanya dukung mendukung, dengan catatan dilakukan dengan baik tanpa mengundang hiruk-pikuk.

“Ini bagus juga dalam kondisi baik- baik, yang dikhawatirkan adanya gesekan, jadi harapan kami gesekan itu bisa dihindari,” tuturnya.

Tak hanya itu, Mohni juga mengingatkan Panitia Pelaksana Pemilihan Kepala Desa (P2KD) agar menjaga netralitas selama pelaksanaan Pilkades.

“P2KD hendaknya bekerja jujur dan adil mulai tahap awal pendaftaran, pencacahan sampai pelaksanaan, harapan bisa menerapkan dengan baik,” ujar dia.

Mohni tidak mau berspekulasi jika nantinya ada P2KD ditemukan main mata dengan bakal calon. Ia hanya berharap Panitia Pilkades masing-masing desa bekerja profesional.

“Bekerjalah profesional, jujur dan adil. Yang terpenting netralitas itu,” kata dia.

Ditanya soal rumor yang berkembang soal adanya penundaan Pelaksanaan Pilkades, Mohni mengatakan hingga saat ini belum ada.

“Sampai hari ini saya belum menemukan harus ditunda atau penundaan. Kita belum tahu, kita masih punya waktu panjang pendaftaran ini sampai tanggal 27,” tutupnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *