Penetapan Rumpun Kambing Pote sebagai Ternak Asli Kabupaten Bangkalan

Uncategorized22 Dilihat

BANGKALAN, maduranetwork.com – Dinas Peternakan Kabupaten Bangkalan bekerja sama dengan Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dan Universitas Brawijaya (UB) Malang mengadakan kegiatan penetapan rumpun Kambing Pote sebagai ternak asli Kabupaten Bangkalan

Kegiatan diawali dengan pelaksanaan Focus Group Discussion (FGD) di Dinas Peternakan Bangkalan. Acara ini dihadiri oleh Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Bangkalan, Kepala Bidang Pakan Perbibitan dan Produksi Peternakan Dinas Peternakan Bangkalan, Kepala Seksi Produksi dan Budidaya Peternakan Dinas Peternakan Bangkalan beserta staf, Kepala Bidang Pakan Perbibitan dan Produksi Peternakan Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur, Kepala Seksi Perbibitan Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur beserta staf, serta para peneliti dari Universitas Brawijaya.

Kepala Dinas Peternakan Bangkalan, Ahmad Hafid, mengatakan bahwa dari hasil penelitian, Kambing Pote Bangkalan dapat ditetapkan sebagai Sumber Daya Genetik Hewan (SDGH) dari Bangkalan.

“Kami berterima kasih karena Dinas Peternakan Provinsi dan pihak Universitas Brawijaya sudah membantu dalam menetapkan Kambing Pote sebagai SDGH Bangkalan,” ujarnya.

Sementara itu, peneliti dari Universitas Brawijaya yang diwakili oleh Prof. Kuswati menyampaikan bahwa untuk melengkapi data penelitian, pihak UB meminta data tentang sejarah Kambing Pote, molekuler Kambing Pote, karkas Kambing Pote, serta data pengamatan Kambing Kacang dan PE (Peranakan Etawa) untuk mengetahui perbedaan Kambing Kacang, PE, dan Pote, sehingga keunikan dari Kambing Pote dapat diketahui.

Selain itu, pihak UB juga meminta penetapan Kecamatan Tragah sebagai Wilayah Sumber Bibit karena populasi Kambing Pote yang tinggi.

Kegiatan dilanjutkan dengan sosialisasi di Poktan Soket Dajah di Desa Soket Dajah, Kecamatan Tragah, untuk memberikan pemahaman kepada para peternak mengenai keunggulan dari Kambing Pote.

Sosialisasi mencakup manajemen pakan, budidaya ternak, hingga sanitasi. Acara ini juga diisi dengan diskusi dan tanya jawab antara para peternak dan pihak UB mengenai Kambing Pote. (rba)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *