Pentingnya Vaksinasi dan Imunisasi Sejak Dini

Uncategorized942 Dilihat

SUMENEP, maduranetwork.com – Salah satu upaya untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan terhindar dari berbagai macam penyakit dengan memberikan imunisasi sejak dini dan vaksinasi. Demikian disampaikan Humas RSUD dr H Moh. Anwar, Arman Endika Putra.

Arman menjelaskan bahwa vaksin bisa berupa virus yang dilemahkan, kemudian disuntikkan ke tubuh manusia dengan tujuan membentuk antibodi. Sehingga tubuh dari seseorang yang telah mendapatkan vaksin akan lebih siap jika terserang sebuah virus.
“Orang yang sudah mendapatkan vaksin badannya dibuat lebih siap ketika ada virus,” jelasnya.
Dia berpesan agar masyarakat tidak meragukan keamanan vaksin, karena vaksinasi hanya akan dilakukan pada manusia saat tubuhnya dalam kondisi prima. “Sebelum divaksin dilakukan cek dulu. Vaksin diberikan saat kondisi kita prima,” katanya.
Dirinya mengatakan, bahwa setiap wilayah tentu memiliki potensi virus yang berbeda, sehingga tidak ada batasan usia untuk melakukan vaksin.
Arman menyebutkan di Indonesia sendiri telah mewajibkan pemberian imunisasi saat anak masih bayi, seperti DPT, polio, BCG, campak, dan beberapa jenis lainnya.
Hal itu dilakukan dengan harapan pembentukan antibodi dapat terjadi sejak usia dini, karena momen tersebut merupakan golden age atau masa emas.
Dirinya menilai, saat terinfeksi oleh sebuah virus, maka seseorang yang sudah divaksin atau diimunisasi akan mengalami efek yang lebih ringan dibandingkan dengan yang belum mendapatkannya. “Untuk itu, vaksin dan imunisasi sejak dini itu penting untuk dilakukan,” pungkasnya. (sdm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *