Penutupan Pelatihan Berbasis Kompetensi Angkatan 4 APBD Jatim UPT BLK Sumenep

Uncategorized724 Dilihat

SUMENEP, maduranetwork.com – Pelatihan kerja sebagaimana diamanatkan dalam PP Nomor 31 tahun 2006 tentang Sistem Pelatihan Kerja Nasional adalah keseluruhan kegiatan untuk memberi, memperoleh, meningkatkan serta mengembangkan kompetensi kerja, produktivitas, disiplin, sikap, dan etos kerja pada tingkat keterampilan dan keahlian tertentu sesuai dengan jenjang dan kualifikasi jabatan atau pekerjaan.

Untuk itu, pelatihan kerja harus berorientasi pada kebutuhan pasar kerja dan berbasis pada kompetensi kerja. Pelatihan kerja merupakan salah satu jalur efektif untuk meningkatkan kualitas kompetensi kerja serta mengembangkan karir tenaga kerja, karena dapat diselenggarakan untuk jangka waktu singkat dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna tenaga kerja/industri.

Dengan demikian, pelatihan kerja pada dasarnya dirancang untuk kebutuhan pengguna tenaga kerja/industri, atau untuk kebutuhan berwirausaha. Agar berjalan maksimal, pelatihan kerja harus dilakukan secara komprehensif mulai dari persiapan, pelaksanaan hingga evaluasi, sehingga peningkatan pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja dapat dilakukan.

Orientasi pelatihan ditekankan pada peningkatan kemampuan atau kompetensi untuk melakukan pekerjaan yang spesifik sesuai tuntutan kebutuhan pasar kerja agar setiap peserta pelatihan dapat mengatasi kesenjangan kompetensi yang dimilikinya dengan kompetensi yang dibutuhkan oleh pasar kerja atau jabatan kerja yang dibutuhkan.

Salah satu dari 9 lompatan besar kementerian ketenagakerjaan, yaitu link and match dengan arah kebijakan membangun integrasi pelatihan, sertifikasi dan penempatan tenaga kerja dalam proses bisnis terpadu, efektif, dan efeisien untuk mempertemukan pencari kerja dengan permintaan pasar kerja.

Untuk program tersebut, UPT Balai Latihan Kerja (BLK) Sumenep, salah satu dari 16 UPT BLK di Jatim yang merupakan UPT dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jatim melakukan kegiatan penutupan pelatihan berbasis kompetensi angkatan ke-6 APBD Jatim, bertempat di aula BLK Sumenep,

Selain itu juga pengukuhan pengurus Forum Lembaga Pelatihan dengan Industri Daerah (FKLPID) UPT BLK Sumenep periode 2023-2026 serta penandatanganan nota kesepahaman bersama antara UPT BLK Sumenep dengan dunia industri dan dunia usaha, yang merupakan tindaklanjut dari kegiatan sosialisasi dan pembentukan pengurus FKLPID pada 3 Agustus 2023 lalu.

Hadir Kadis Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jatim, Dr Himawan Estu Bagijo, SH, MH; Kemnaker RI mewakili Direktur Bina Kelembagaan Pelatihan Vokasi, Dimas Ari Prasetyo, ST, MT, (Sub Kor Bid Pengembangan Kemitraan Lembaga Pelatihan Vokasi); FKLPI Pusat, Edi Masri Kambaren; Muhammad Aiza Akbar (kepala BPVP Sidoarjo). Dari Sumenep hadir Kadis DPMPTSP dan Naker, Kadis Koperasi UKM dan Perindag, Kadin, HIPMI, Apindo, kepala BLK se-Jatim, Danramil, Kapolsek, camat Kota, dan kades Parsanga, serta 30 orang dari dunia industri dan dunia usaha.

Setelah acara penutupan dilanjutkan kunjungan ke workshop melihat kegiatan pelatihan dan meninjau Mobil Tranining Unit (MTU) dan sarpras kejuruan pembuatan roti dan kue serta meninjau sekretariat pengurus FKLIPD UPT BLK Sumenep.

Kegiatan penutupan pelatihan berbasis kompetensi institusional merupakan angkatan 4, terdiri dari kejuruan menjahit, desain grafis intensif, operator komputer muda, pembuatan roti dan kue 5, pembuatan roti dan kue 6, servis sepeda motor konvensional, instalasi bangunan listrik sederhana. Pada penutupan pelatihan dilakukan penyerahan sertifikat oleh kadis Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jatim.

Untuk perusahaan yang melakukan nota kesepahaman Bersama, terdiri dari Ir. Yusuf Ismail (PT Hotel Garuda), Suhartiningsih (Bakery Gloss), Kuswandi (PT Tiga Boga Pratama), Ummun Nisa (PT Garmendy Tekstil Indonesia), Didik Hariyanto (Canteng Koneng Batik), Imam Mustafa FD, Hadinda Daeng (Pima Salon Dinda), Verawati (Salon Verabani), Elisabeth Wijaya (Salon Elisabeth), Sahariyanto, SE (RSU dr Moh. Anwar), Mujibul Ahklah (CV Mitra Setia Agung), Dedy Trisyanto (PT Pojur Real Madura), Andika Meigista Cahya HK, SE, SH, C.NICP, C.NISP (PT OK OCE), Syamsul Arifin (PT Kelola Mina Tani), Adelia Putri Puspita (PT La Galleria Hotel, Cafe). (yud)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *