Timgar Pemkab dan Banggar DPRD Rampungkan Finalisasi R-APBD 2024

Uncategorized927 Dilihat

SUMENEP, maduranetwork.com – Tim Anggaran (Timgar) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep bersama Badan Anggaran (Banggar) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumenep telah menyelesaikan tahap finalisasi pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (R-APBD) tahun anggaran 2024. Hasil finalisasi tersebut diumumkan melalui Rapat Paripurna yang berlangsung di Gedung DPRD Sumenep pada Jumat (27/10/2023).

Rapat Paripurna ini dipimpin Ketua DPRD, Abdul Hamid Ali Munir, dan menjadi momen penting dalam rangka memperkenalkan hasil pembahasan R-APBD 2024. Acara tersebut juga mencakup penandatanganan bersama antara pimpinan DPRD dan Pemkab, yang diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Edy Rasiyadi, terhadap R-APBD 2024.

Ketua DPRD Abdul Hamid Ali Munir menjelaskan bahwa pembahasan R-APBD merupakan bagian penting dari proses perencanaan pembangunan daerah dalam jangka waktu satu tahun. Ia mengucapkan apresiasi khusus kepada Banggar DPRD yang telah menyelesaikan pembahasan R-APBD 2024 sesuai waktu yang telah ditetapkan.

“Ini tentu menjadi kado bagi masyarakat Kabupaten Sumenep, karena APBD 2024 dapat diselesaikan sebelum Hari Jadi Kabupaten 2023,” ungkapnya.

Sementara itu, juru bicara Banggar DPRD Kabupaten Sumenep, Wiwid Harjo Yudanto, menjelaskan bahwa Banggar telah melakukan telaah yang sangat hati-hati dan teliti terhadap seluruh Rancangan APBD 2024 yang diajukan oleh pihak eksekutif.

Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa kegiatan-kegiatan yang direncanakan dalam APBD 2024 akan berorientasi pada tepat guna dan tepat sasaran.

Adapun kekuatan APBD Kabupaten Sumenep tahun 2024, berdasarkan hasil pembahasan Banggar dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD), adalah sebesar Rp2 triliun 695,9 miliar di sektor belanja, sementara sektor pendapatan mencapai Rp2 triliun 435,1 miliar.

Wiwid menegaskan bahwa DPRD, melalui komisi-komisi yang ada, akan terus melakukan pengawasan ketat terhadap kinerja Pemerintah Daerah dalam pelaksanaan semua program kerjanya yang telah dianggarkan dalam APBD. Ia juga mengajak seluruh pihak untuk menjalin sinergisitas dan kemitraan guna mencapai kemakmuran bagi masyarakat Sumenep.

“Kami percaya bahwa apa yang kita lakukan bersama merupakan langkah menuju kemakmuran masyarakat Sumenep,” pungkasnya.
Dengan finalisasi R-APBD 2024 yang telah selesai, Pemerintah Kabupaten Sumenep dapat melanjutkan rencana pembangunan dan program-programnya untuk tahun anggaran mendatang.

Semua pihak diharapkan dapat berperan aktif dalam menjaga dan memastikan pelaksanaan program-program tersebut berjalan dengan baik demi kemajuan daerah Kabupaten Sumenep. (sdm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *