Tingkatkan Kapasitas SDM, Anggota FKB DPR RI, Syafiuddin, Kirim 30 Pengurus BUMDes Pelatihan di Jogjakarta

SUMENEP548 Dilihat

BANGKALAN, maduranetwork.com – Kepedulian anggota Komisi V DPR RI, Syafiuddin, S.Sos, MH dalam meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) di desa-desa bukan hanya retorika. Sebaliknya, itu ditunjukkan dengan mengirimkan 30 generasi muda dari berbagai desa di Bangkalan untuk diikutkan pelatihan di Kota Jogjakarta.

Yang cukup menarik, 30 pemuda dan pemudi tersebut merupakan pengurus badan usaha milik desa (BUMDes) dan pelaku usaha mikro dan kecil menengah (UMKM). Mereka mengikuti pelatihan pengembangan masyarakat desa yang diselenggarakan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) yang digelar di Jogjakarta.

Politisi PKB ini mengatakan, dirinya menginginkan SDM di desa bisa seperti desa di luar Bangkalan yang ekonomi masyarakatnya sudah maju. Dengan pelatihan ini diharapkan bisa membantu masyarakat desa untuk lebih produktif sehingga bisa memajukan desa melalui BUMDes.

“Kemampuan SDM dalam mengelola BUMDes ini harus terus diasah dan diupgrade, salah satunya melalui pelatihan ini,” ujarnya.

Pria yang akrab disapa Aba Syafi ini juga berharap agar peserta dari Bangkalan ini nantinya bisa lebih kreatif dalam memajukan desa serta dapat meningkatkan pendapatan desa yang nantinya akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat di desa. Sehingga masyarakat desa bisa menjadi mandiri.

Dikirimnya 30 pengurus Bumdes dan pelaku UMKM ini mendapat respon positif dari dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD). melaui Kabid Pemberdayaan Lembaga Kemasyarakatan DPMD Bangkalan, Ali Yusri Purwanto. Ia bersyukur 30 pengurus BUMDes dan pelaku UMKM bisa mengikuti pelatihan itu.

“Masyarakat desa membutuhkan pelatihan tersebut untuk pengembangan SDM agar bisa mengelola BUMDes agar lebih baik dan masyarakat bisa lebih kreatif untuk memajukan desanya masing-masing,” tuturnya.

Ia mengaku, untuk mengikuti pelatihan ini pihaknya sulit merealisasikan mengingat anggaran dari APBD di Bangkalan sangat kecil. Oleh karena itu, Yusri meminta dukungan dari pemerintah pusat dengan menyampaikan aspirasi ke anggota Komisi V DPR RI, Syafiuddin.

“Setelah berkolaborasi dengan anggota Komisi V DPR RI Haji Syafiuddin, sebagai mitra kementerian terkait, alhamdulillah perwakilan masyarakat desa dari Bangkalan bisa berangkat,” pungkasnya. (rd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *