Wagub Jatim Resmikan IKM di Kecamatan Labang

Uncategorized947 Dilihat

BANGKALAN – Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bangkalan Drs Mohni MM mendampingi Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak meresmikan Gedung Sentra Industri Kecil Menengah (IKM) yang berlokasi di Desa Baengas, Kecamatan Labang, Rabu (23/08/2023).

Peresmian Kawasan sentral untuk para pelaku UMKM itu diharapkan mampu menjadi profil produk unggulan dan daya ungkit ekonomi kerakyatan Bangkalan.

Sentra IKM yang dibangun sejak tahun 2017 dengan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) hingga mencapai Rp 70 Miliyar itu kini siap untuk dimanfaatkan baik sebagai sentral industri UMKM, pelatihan hingga promosi produk unggulan di Kabupaten Bangkalan.

Plt. Bupati Bangkalan mengatakan keberadaan Jembatan Suramadu menjadi salah satu peluang besar dalam pertumbuhan sektor industri perdagangan, pariwisata dan peluang investasi di Kabupaten Bangkalan.

“Pemerintah Kabupaten Bangkalan selaku lembaga pemerintah yang menjalankan fungsi fasilitator dan regulator telah melakukan beberapa hal, baik berupa pemberian kemudahan bagi pelayanan perijinan berusaha yang diwujudkan dalam bentuk Pelayanan Perijinan Terpadu termasuk pelayanan sentralisasi pemberdayaan Industri Kecil dan Menengah dalam bentuk Pembangunan Sentra IKM,” ujarnya.

Plt. Bupati menjelaskan bahwa sentra IKM memiliki peran yang strategis, tidak hanya memperkenalkan berbagai produk hasil dan produksi sektor UMKM, namun juga menjadi tempat dalam pemberdayaan Pelaku UMKM di Bangkalan dengan peningkatan kompetensi SDM, peningkatan kuantitas dan daya saing produksi, peluang pemasaran dan investasi serta terbukanya lapangan pekerjaan.

“Karena itu dengan diresmikannya Gedung Sentra IKM yang juga diikuti dengan pemberian Bantuan Modal Usaha (BMU) dan Pelaksanaan Job Fair kami berharap para pelaku IKM binaan Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Bangkalan dapat mengembangkan usahanya lebih maju,” tutupnya. (rd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *