Warga Finlandia yang Terdampar Puji Kebaikan Warga Sumenep

SUMENEP664 Dilihat

SUMENEP, maduranetwork.com – Setelah terdampar dan sepekan tinggal di Sumenep, pasangan suami istri asal negara Finlandia, Veikko H dan Hana Maria, akhirnya melanjutkan pelayarannya.

Pelayaran kembali dilakukan setelah kapal milik pasutri itu selesai diperbaiki usai mengalami mati mesin dan terdampar di perairan Sumenep, Senin (30/1) lalu.

Hana Maria tak bisa meluapkan kegembiraannya setelah mesinnya berhail diperbaiki dan bisa melanjutkan perjalanan, Selama di Sumenep, ia mengaku terbantu fasilitas yang diberikan Pemerintah Kabupaten Sumenep. Ia juga memuji keramahan dan kebaikan masyarakat Sumenep.

“Kami telah seminggu berada di Sumenep. Kami sudah tidak memiliki uang, tapi kebaikan dan keramahan masyarakat Sumenep sangat membantu kami selama di sini. Terima kasih Sumenep,” ujar Hana dalam siaran pers Pemkab Sumenep.

Hana mengaku, Kapal Yacht Canace milik Veikko dan Hana telah selesai diperbaiki. Keduanya melanjutkan pelayarannya kembali.
Rencananya, keduanya akan berlayar dan berwisata ke Malaysia.
“Terima kasih Pak Fauzi (bupati, red). Kami sangat terbantu dengan kebaikan hati bapak dan masyarakat Sumenep,” terangnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kapal Yacht Canace yang memuat dua warga negara Finlandia itu mengalami mati mesin di perairan Pulau Bawean pada Jumat (27/1).

Mendapatkan laporan itu, petugas di area Pulau Bawean melakukan pertolongan dengan cara towing di timur Pulau Bawean, namun gagal karena cuaca yang kurang mendukung.

Selanjutnya, pada Minggu (29/1), Kapal Yacht Canace terombang-ambing hingga ke perairan utara Madura dan berusaha tetap berkomunikasi dengan Kansar Surabaya.

Dua awak kapal berusaha membentangkan layar kapal agar bisa mencapai daratan di wilayah perairan Sumenep. Usaha keduanya gagal karena minimnya embusan angin.

Berdasarkan data yang diperoleh petugas, kapal berada di koordinat 6° 29′ 32.73” S – 114° 23′ 35.51” E atau 33 mil di laut sebelah utara Pulau Gili Iyang, Kecamatan Dungkek, Kabupaten Sumenep.
Sekitar pukul 14.10 WIB, petugas kemudian berhasil menemukan Kapal Yacht Canace dan dilakukan pengawalan untuk bersandar ke Pelabuhan Kalianget, Sumenep.

Selanjutnya, pada Senin (30/1) sekitar pukul 13.25 WIB, Kapal Yacht Canace beserta awak kapal kemudian bersandar di Pelabuhan Kalianget dalam keadaan aman dan dua awak yang juga dalam kondisi sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *